Fokus pembelajaran Pendidikan agama Islam untuk siswa Sekolah Dasar kelas 1 pada kurikulum 2021 adalah sebagai berikut :
Mengenal Islam [Aspek: Keimanan dan Ibadah]
Siswa mempelajari Islam sebagai agama didasari dua kalimat syahadat dan rukun Islam,
Siswa menghafal dua kalimat syahadat dan mengetahui artinya.
Guru membimbing siswa untuk melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan menjelaskan artinya, disertai penjelasan tentang rukun Islam lainnya secara singkat.
Ayo Sholat [Aspek: Ibadah dan Kitab Suci]
Siswa mengetahui mempelajari tata cara wudhu, sholat dan mempraktekkannya dengan
benar dan tertib, dengan bacaan sederhana dan menghafal Surat Al-Fatihah, An-Naas, AlFalaq dan Al-Ikhlas dengan benar sebagai bagian dan bacaan sholat.
Guru membimbing siswa mempraktekkan tata cara berwudhu, melakukan gerakan solat, dan menghafal surat-surat pendek dengan cara membaca yang benar.
Secara gradual guru juga mengajarkan adab sholat.
Aku dan Keluarga [Aspek: Akhlak dan Ibadah]
Siswa mempelajari konsep keluarga secara sederhana dan unsur-unsur keluarga, serta mempraktekkan akhlak yang baik kepada orangtua dan orang-orang yang ada di rumahnya.
Siswa membaca doa sehari-hari untuk kedua orangtua dan mengetahui artinya.
Guru mengenalkan konsep keluarga (ada keluarga yang tidak lengkap – perlu sensitivitas guru) dan mengenalkan akhlak yang baik kepada orangtua dan saudara.
Sasaran Kompetensi yang Diharapkan
• siswa diharapkan dapat memahami dasar-dasar keislaman secara sederhana sesuai dengan usianya.
• siswa diharapkan memahami dan dapat mempraktekkan tatacara wudu dan solat, serta mampu menghafal surat Al-Fatihah, An-Naas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas).
• siswa diharapkan dapat memahami posisinya dalam keluarga dan memiliki akhlak yang baik dalam keluarganya, termasuk mendoakan orangtua.
Itulah fokus pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) pada kurikulum 2021.
Semoga bermanfaat .....
Sumber :
Fokus Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, cetakan I 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar