Jumat, 18 Desember 2020

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 7

Fokus Pembelajaran IPA Kelas 7 atau kelas 1 SMP/MTs meliputi :

IPA (Fisika), Besaran dan satuan
Pengembangan kemampuan mengukur besaranbesaran fisika dan memanfaatkan hasil pengukuran.
Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang besaran, satuan, dan pengukuran untuk melakukan pengukuran dengan alat-alat ukur dasar seperti alat-alat ukur panjang, massa, waktu, temperatur, gaya, dan tekanan dan menggunakan hasil pengukuran tersebut untuk menentukan besaran-besaran turunan yang terkait.

IPA (Fisika), Kinematika satu dimensi
Pengembangan pemahaman gerak benda pada lintasan lurus
Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang gerak lurus untuk menganalisis gerak benda melalui pengukuran jarak tempuh dan waktu tempuh dan penentuan besaran-besaran jarak tempuh, waktu tempuh, kecepatan, dan/atau percepatan melalui grafik dan persamaan gerak dengan memanfaatkan data atau informasi yang diberikan.

IPA (Fisika): Hukum Newton, usaha dan energi, dan pesawat sederhana: Pengembangan pemahaman dan pengenalan hukum-hukum Newton, konsep usaha dan energi, dan pesawat sederhana.
1. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang hukum-hukum Newton dan beberapa contoh gaya (gaya gesek, gaya normal, gaya dorong/tarik, gaya pegas, dan gaya berat) untuk menganalisis keadaan gerak (diam atau bergerak) dan mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada sebuah benda (besar dan arahnya) termasuk pasangan gaya aksi-reaksi
melalui percobaan maupun telaah teoretis.
2. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang konsep usaha untuk diaplikasikan pada penentuan nilai jarak tempuh, gaya konstan (gaya dorong dan gaya berat) yang bekerja, atau usaha yang dilakukan gaya konstan yang bekerja pada benda apabila dua dari ketiga nilai besaran tersebut diketahui.
3. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang energi kinetik, energi potensial gravitasi, dan energi mekanik serta hukum kekekalan energi untuk menganalisis keadaan gerak (kecepatan dan ketinggiannya) melalui konsep energi. 
4. Siswa memanfaatkan pemahamannya tentang konsep dari berbagai mesin sederhana (bidang miring, tuas, roda, dan katrol) yang membantu mempermudah pemindahan benda untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

IPA (Kimia), Unsur dan Senyawa: 
Mengenal unsur dan senyawa dalam kehidupan sehari-hari.
1. Siswa mempelajari konsep zat tunggal atau campuran. Siswa mengamati sifat dari beberapa benda yang tersusun atas zat tunggal seperti seng, besi (paku), aluminium, tembaga, dan sebagainya. Siswa belajar membedakan zat tunggal dengan campuran, dan mempelajari zat tunggal yang ada dalam suatu campuran. 
2. Siswa belajar membandingkan sifat-sifat unsur logam dan non-logam. Siswa mempelajari konsep unsur dan senyawa. Dengan menggunakan keterampilan tingkat tinggi siswa belajar membedakan istilah unsur
dan senyawa, serta mengenali beberapa unsur dan senyawa yang penting dalam kehidupan.
 

IPA (Fisika, Kimia, Biologi), Metode ilmiah
Pengembangan pemahaman metode ilmiah
Siswa mengembangkan pemahamannya tentang metode ilmiah melalui kegiatan percobaan atau penelitian sederhana yang mengandung langkah-langkah bekerja berkelompok, mendesain set alat, mengukur dan mengumpulkan data, memanfaatkan data untuk memperoleh besaran lain yang tidak bisa diukur, melakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan, menuliskan laporan penelitian termasuk dalam bentuk poster, dan melaporkan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi di depan kelas dengan menggunakan powerpoint dan dalam bentuk video yang diunggah di dalam media sosial.

IPA (Biologi), Makhluk Hidup: 
Mengklasifikasikan makhuk hidup (hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme).
Siswa memahami dan mampu mengklasifikasikan makhluk hidup, menggunakan taksonomi yang tepat. Misalnya siswa melakukan pengamatan makhluk hidup lingkungan sekitar sekolah lalu mengklasifikasikan ke dalam kelompok animalia dan plantae, dan juga ke dalam kelompok invertebrata, vertebrata, magnoliopsida (dikotil), dan liliopsida (monokotil).

IPA (Biologi), Genetika, pewarisan sifat dan mutasi: 
Memahami materi genetik, pewarisan sifat dan mutasi
Siswa memahami materi genetik serta pewarisan sifat dan mutasi. Misalnya, siswa mengamati DNA, RNA, gen dan kromosom melalui media elektronik (web link). Selain itu, siswa memahami hukum Mendel yang menjelaskan tentang pewarisan sifat melalui observasi anggota keluarga yang memiliki ciri atau sifat yang sama pada anggota tubuh.
Pemahaman materi mutasi diberikan melalui media tulis atau visual seperti situs di internet, video, atau jurnal, atau memberikan contoh abnormalitas yang terjadi di sekitar akibat mutasi, seperti albino, buta warna.

Sasaran Kompetensi yang Diharapkan
Siswa menunjukkan rasa ingin tahu, serta memiliki kecakapan dan pengetahuan yang memadai.
Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan, kreatif inovatif, produktif dan mandiri.
Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan, kreatif inovatif, produktif, bersikap dan berperilaku jujur, mandiri dan mampu bekerja kolaboratif.
Siswa menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki kegemaran terhadap matematika, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.
Siswa membiasakan diri berkerjasama dengan orang lain dalam memecahkan masalah atau hidup gotong-royong (kolaborasi), adaptif, mandiri, kreatif, produktif, dan inovatif yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya.
Siswa tumbuh rasa cinta dan bangga terhadap tanah air, bangsa, dan negaranya.
Siswa memiliki kreatifitas, kemandirian dan inovasi untuk melaksanakan percobaan sederhana di bidang IPA. Siswa juga memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil percobaannya melalui tulisan dan juga mampu mempresentasikannya di depan kelas, baik secara individu maupun berkelompok
Siswa memiliki kecakapan dan pengetahuan terkait materi yang diberikan 

Demikian tadi petunjuk guru untuk   merancang pembelajaran IPA kelas 7 atau kelas 1 SMP/MTs pada kurikulum 2021.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar